01/09/15

, ,

Caraku Memulai Musim Panas

Di awal Juli kami mahasiswa Indonesia di Irkutsk diundang untuk mengikuti konser kesenian mahasiswa asing di Irkutsk. Walau hanya ada waktu persiapan tidak sampai seminggu, kami yang memiliki jiwa seni, siap tampil. Tak disangka tepukan penonton untuk mahasiswa Indonesia paling meriah. Cerita berlanjut hingga akhirnya kami diundang lagi. Namun kali ini untuk mengikuti forum. Forum Pemuda Baikal, namanya.

Forum itu diadakan pertengahan Juli. Sebenarnya aku masih memiliki satu ujian akhir lagi. Tetapi amat disayangkan bila aku melewatkan kesempatan besar untuk mengikuti forum ini. Akupun menunda ujian akhirku itu.

Forum Baikal merupakan suatu forum yang dikoordinir oleh suatu komunitas pemuda di Rusia. Forum ini melibatkan anak-anak muda untuk diajak berpikir dan mengajukan ide demi kelestarian lingkungan di masa mendatang. Forum ini diadakan di Baikal tepatnya di Maloe More. Peserta forum terdiri dari 500 orang dari 8 negara yang berbeda termasuk Indonesia.

Forum yang diadakan selama 7 hari ini begitu membekas di hati. Aku mengikuti lecture dengan bermacam topik, mengikuti diskusi-diskusi, membersihkan lingkungan sekitar, dan berkenalan dengan orang-orang baru! Thanks Baikal Youth Forum! Thanks for the amazing experiences!















Share: