24/06/13

Apa Mimpimu, Kawan?

Apa orientasimu kawan? Hingga kewajiban utamamu pun kau tinggalkan.

Suatu hari aku bertemu dengan wajah-wajah baru. Saat pertama bertemu itu, semuanya terlihat lugu. Sampai-sampai aku terlalu malu untuk melucu.

Selang beberapa lama, mulai tampaklah karakter asli kalian. Keluguan itupun menjadi hilang. Senyuman yang semula tampak semu berubah menjadi realita rutinitas keseharianku. Raga selalu bersama, jiwa selalu bersua, dan hati terikat kuat seiring berjalannya waktu. Beragam memori suka dan duka kita rajut dengan harmoni. Mimpi-mimpi terucap berharap agar kelak ianya tak lagi hanya menjadi ilusi.

Namun, kau dimana kawan? Katakan, apa mimpimu?

Manusia pasti memiliki masalahnya masing-masing. Ada yang ringan dan ada pula yang berat. Ada yang ringan namun terasa berat ada juga masalah yang berat namun terasa ringan. Semua tergantung bagaimana kita menyikapi masalah tersebut. 

Kupandangi kalian satu per satu. Kusandingkan badanku di dekatmu untuk memperjelas pandanganku. Aku tahu, bahwa tak mudah menjalani hidup ini. Raut muka pilu dengan mata yang nanar tak jarang menghiasi kedua bola mataku. Tapi ini berbeda, bisa dibilang tak biasa. Ikatan jiwa itu sedang berkumpul menuju suatu tempat guna bertanya, ada apa dengan kau gerangan? Raut muka yang tak biasa menjadi sebab pertanyaan yang tak kunjung terjawab. Terkesan sedih. Aku tahu ini sulit. Aku tahu banyak celaan bermunculan.

Teringat tatkala raga ini memaksa untuk berhijrah demi menuruti hati dan jiwa yang terasa peduli. Raga yang memediatori sepasang jiwa yang tengah bercurah hati. Tertuanglah banyak solusi, akan tetapi yang kutahu hanya tergores minim aksi. Inilah akibatnya. Jangan mengeluh, dengan usaha yang demikian hasilnya akan demikian pula. 

Bukankah mimpi seorang pejuang tak akan lekang karena masalah? Bukankah masalah itu yang akan menguatkan kita menuju kenyataan sebuah mimpi? Kurang pedulikah kami?

Di malam yang tenang di bawah naungan cahaya sang bulan sekali lagi aku bertanya, lantas apakah mimpimu, Kawan?
Share:

Your Seat Number

I Was Here

Novardin’s Travel Map

Novardin has been to: France, Greece, Indonesia, Italy, Malaysia, Netherlands, Russia, Singapore, Spain, Switzerland, Thailand.
Get your own travel map from Matador Network.

Contact

Nama

Email *

Pesan *