26/12/11

,

Perbedaan SMP dan SMA


Halo kawan, kita berjumpa lagi:D Habis liburan nih jadi baru bisa posting lagiB) Kali ini aku mau post tentang perbedaan SMP & SMA aja deh, agak gak penting ya? Hahah. Saat membaca judul post ini pasti kamu udah ada gambaran tuh gimana bedanya, pasti juga merasa kalau SMA itu lebih berat dari SMP. Ya, memang benar sih, aku juga ngerasain itu-_- Tapi ini menurut sudut pandangku ya, mungkin bisa saja berbeda dari persepsi teman-teman.

Dulu itu.....kalau SMP pulang sekolah ya bisa bebas, mau keluyuran kemana-mana bisa, mau langsung pulang juga bisa, apalagi sepak bola pasti bisanya! Nah sekarang? Sulitlah kalau SMA, pulang sekolah bawaannya beban, banyak tugas yang harus diselesaikan, tugas tak hanya dari sekolah, banyak tugas-tugas non-akademis pula. Sampai rumah pasti malem, capek sudah jadi kebiasaan, akibatnya ya jadi males belajar. Mending langsung tidur. Tapi jangan dicontoh lho:p

Di SMP kita juga makmur berjaya bin merdeka dalam urusan keuangan. Bisa jajan ke sana ke mari, tapi pas SMA...wah banyak kebutuhan lain yang lebih penting yang menghabiskan banyak uang, walaupun banyak yang gak penting juga sih. Di SMP masih sering main yang bisa membuat pikiran kita fresh yang bisa merilekskan emosional dan mental kita. Tetapi di SMA....semua itu sudah mustahil, yang ada hanya tertekan, kita bisa terserang virus kelainan emosional dan mental atau lebih tepatnya stres, hahaha lebay.

Waktu SMP aku juga sering banget menghabiskan waktu di rumah, menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta. Jujur, keluarga itu lebih kuprioritaskan daripada teman. Tapi kini SMA telah banyak kegiatan yang membuatku jarang sekali muncul di rumah, yang membuatku tidak terlalu dekat dengan keluarga. Membuatku jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Tapi untunglah masih ada liburan, waktu yang cocok untuk kumpul dengan keluarga rumah bukan 'keluarga sekolah'.
Sebagai akibat dari semua itu konsentrasiku dalam belajar pun buyar. Padahal itulah kewajiban utamaku, pelajar. Gara-gara capek, tak bebas, banyak kegiatan, belajar bisa dinomorduakan. Salah apa orang tuaku? Yang sudah susah payah membiayaiku sekolah tapi malah jadi seperti ini. Ini semua butuh gerakan perubahan! Weh malah kaya Nasd*m :p

Tetapi di balik kekurangan itu, SMA juga memiliki kelebihan. Di SMA kita bisa lebih berekspresi menuangkan apa yang kita miliki. Di SMA terdapat banyak bidang kegemaran siswa dan ada organisasi yang bisa menjadi wadah ekspresi bersosialisasi siswa. Kalau para pembaca mengartikan bahwa aku rindu SMP itu benar karena SMP memberiku kenangan langka yang tak ternilai harganya. Pesanku, jangan jadikan SMA sebagai batu besar yang menghadang perjalananmu, tapi jadikan SMA batu pijakan yang bisa menghantarkanmu meraih kesuksesan masa depan!

Hanya bercerita apa adanya kawan dan maaf kalau curhat:)


Share: