20/02/11

,

Manfaat dan Kerugian Sebuah Blog

Blog merupakan sebuah wadah untuk mencurahkan ide/ pikiran yang kita bagikan untuk orang lain dengan internet. Blog sangat mendukung bagi kita yang memiliki banyak ide yang ingin kita share/ bagikan. Saat ini banyak orang yang sudah membuat blog dengan alasan tertentu misalnya untuk iklan, untuk memberikan informasi pada orang banyak, bahkan hanya sekedar mengisi waktu luang.
Manfaat blog menjadi daya pikat tersendiri bagi para blogger. Blog memiliki beragam manfaat yang membuat kita tidak jenuh untuk mengeblog/ blogging. Dari sekedar coba-coba sampai untuk mencari rupiah. Manfaat yang jelas dari blog adalah kita dapat mendapatkan informasi dari penulis blog yang membuat kita paham akan suatu informasi. Informasi yang diberikan bermacam-macam bentuknya, beragam topik dan beragam cerita, bisa yang topik/ cerita aktual ataupun tentang sejarah.
Blog merupakan media aktualisasi diri, maksudnya adalah dengan memiliki blog banyak sekali hal-hal menarik dan bermanfaat yang bisa kita dapat. Misalnya tentang pengetahuan komputer terbaru, isu ekonomi terbaru, tren busana terbaru, dsb. Dengan demikian kita bisa mendapatkan sumber-sumber pengetahuan yang bermanfaat hingga akhirnya proses aktualisasi diri kita tercapai. Blog sebagai personal banding, maksudnya adalah dengan kita memiliki blog dan kita menuangkan keahlian apa yang kita miliki dalam blog maka secara otomatis hal itu akan membuat personal banding bagi administratornya. Media promisi, tak bisa dipungkiri banyak orang yang memanfaatkan blog untuk mempromosikan bisnisnya agar lebih laris manis. Manfaat lain dari memiliki blog adalah kita juga bisa mendapatkan teman baru dengan begitu kita bisa saling berbagi sesama blogger.
Di samping manfaat, blog juga memiliki beberapa kerugian. Kerugian dari blog adalah jika kita keseringan blogging itu akan membuat jiwa bersosial kita berkurang karena kita hanya berkomunikasi lewat dunia maya saja tidak secara langsung. Blog juga bisa membuat mata kita kecapekan jika terus-menerus menngeblog. Blog akan menghabis-habiskan waktu jika tidak digunakan secara tepat.
Demikianlah manfaat dan kerugian memiliki blog semoga bisa membantu, selamat blogging!
Share: