01/01/11

,

Tips Saat Akan Menghadapi Ujian Sekolah



Untuk dapat lulus SD, nilai UASBN kita haruslah di atas standar nilai yang ditentukan. Jika ingin melanjutkan ke sekolah yang diinginkan juga harus menargetkan nilai kita agar bisa sukses masuk ke sekolah tersebut. Begitu pula SMP yang menjalani UNAS untuk melanjutkan ke jenjang SMA. Saat ini saya akan mencoba untuk menulis beberapa tips saat akan menghadapi tes/ujian.

1. Bermimpi
Kata mimpi di sini maksudnya bukan mimpi saat kita tidur(hehehe) tetapi kita harus berani bercita-cita agar ujian kita itu bisa kita raih dengan nilai yang maksimal. Toh, nggak salah kan kalau bermimpi dulu untuk masuk sekolah yang diinginkan. Namun jangan hanya sekedar bermimpi...

2. Menyusun Program Belajar
Anda juga harus menyusun strategi program belajar anda dengan sedemikian rupa. Menyusun program belajar yaitu merencanakan anda memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar. Misalnya pagi-pagi sekolah lalu mengikuti les/privat dirumah, belajar dirumah, dll. Jadi di sini anda akan menyusun jadwal belajar. Anda juga harus dapat memanfaatkan waktu anda untuk belajar pada waktu-waktu luang. Dengan demikian anda akan bisa lebih disiplin untuk belajar.

3. Bertanya
Malu bertanya sesat di jalan. Ini pepatah yang sering kita dengar. Kita dituntut untuk bertanya saat kita belum paham akan materi yang diberikan guru kita. Bertanya bisa dilakukan pada guru yang membidangi pelajaran tersebut atau orang yang paham akan pelajaran tersebut. Kita tidak akan bingung saat ujian karena semua materi telah kita kuasai, malah kita akan bingung mengapa waktunya terlalu lama(hehehe)

4. Berlatih
Ini sangat penting. Kita harus melatih diri kita untuk mengerjakan soal-soal ujian. Jadi kita bisa mengasah kemampuan kita juga dapat mengukur sejauh mana kemampuan kita ini. latihan harus dilakukan berulang-ulang agar hasilnya nanti maksimal. Berlatih membuat mental anda semakin berani untuk menghadapi ujian yang sesungguhnya.

5. Berperilaku Sehat
a. Istirahatlah yang cukup. Penting dilakukan agar nanti waktu ujian tidak capek, sakit, atau lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi anda.
b. Makan yang teratur dan tepat waktu serta makan makanan yang bergizi. Agar tidak sakit dan menjaga daya tahan tubuh anda.
c. Olah raga. Lakukan olah raga secara rutin agar nanti waktu ujian kondisi badan anda bugar dan fit.

6. Berdo'a
Ini tidak kalah pentingnya dari hal-hal yang saya sebutkan di atas. Selain jasmani kita juga perlu melakukan rohani. Jangan lupa berdo'a/beribadah pada Allah. Mintalah kemudahan untuk menjawab soal-soal ujian agar saat ujian nanti anda tidak gugup/grogi.
7. Restu Orang Tua
Mintalah restu pada orang tuamu untuk mendoakanmu agar nantinya bisa sukses. Karena ridho orang tua yaitu ridho Allah. Walaupun tidak diminta orang tua pasti selalu mendoakan anaknya. Tapi lebih baik lagi kalau kita ngomong langsung. Cobalah tanamkan dalam benakmu kalau kamu harus membanggakan orang tuamu. Buatlah orang tuamu bangga akan hasilmu nanti.

Mungkin ini saja tips dari saya semoga bermanfaat. Doakan saya agar sukses nanti dalam UNAS 2011. Jika ada kekurangan bisa ditambahkan di komen dan harap maklum hehehe

Share: